Perbandingan, Kelebihan dan Kekurangan Mediatek dan Snapdragon

Hai, kali ini saya akan membahas apa saja Perbandingan, Kelebihan dan Kekurangan Mediatek dan Snapdragon.



1. Perbandingan

Pertama tama kita bandingkan performa prosesor Mediatek vs Snapdragon. Karena hanya fokus di kelas menengah, maka secara otomatis pamor Mediatek masih kalah dibanding Snapdragon yang fokus ke semua segmen. Seri Helio P tertinggi dari Mediatek yaitu Mediatek Helio P90 hanya bisa memperoleh skor AnTuTu 162861. Sementara itu, Helio P70 yang digunakan di Oppo F11 Pro hanya mentok di angka skor 150218.

Karena tahun 2020, permintaan hp gaming makin pesat, Mediatek meluncurkan satu prosesor terbarunya, yaitu Helio G90T. Performanya lebih kencang dibanding Helio seri P karena bisa memperoleh skor AnTuTu hingga 224759. Lalu bagaimana dengan performa prosesor Snapdragon vs Mediatek ?

Prosesor Snapdragon pun memiliki banyak seri chipset terbaru. Seri prosesor yang banyak digunakan di kelas menengah adalah Snapdragon 665 dengan skor AnTuTu 139516 dan Snapdragon 675 dengan skor AnTuTu 176791. Sementara itu, performa Snapdragon 712 terbaru punya skor performa 184517. Performa Snapdragon 730 lebih tinggi dengan skor mencapai 217008.

Lalu untuk kelas flagship ada prosesor Snapdragon 855 terbaru yang bisa memperoleh skor 377024. Namun karena kurang puas dengan performa 855, Qualcomm meningkatkan performa prosesor terbaru seri 855 menjadi 855+. Prosesor super kencang ini bisa memperoleh skor AnTuTu hingga 395868.

Jika dibandingkan antara performa Mediatek vs Snapdragon, prosesor Snapdragon masih lebih unggul dibanding Mediatek. Selain itu, banyaknya pilihan model prosesor membuat vendor atau pabrikan ponsel punya banyak opsi prosesor untuk dipasang di produknya.

2. Kelebihan dan Kekurangan

Performa Prosesor dan Grafis

Di dalam prosesor ada 2 chip penting yaitu CPU dan GPU. CPU terdiri dari beberapa core yang punya kecepatan berbeda dan berfungsi mengatur semua komponen di dalam prosesor. GPU berfungsi mengolah grafis. GPU adalah singkatan dari Graphics Processing Unit. GPU bekerja seperti VGA pada PC Desktop atau laptop.

Performa GPU Mediatek relatif lebih rendah dibanding Snapdragon. Karena lebih rendah, prosesor Mediatek memakan RAM lebih sedikit. Sementara itu, prosesor Snapdragon bisa merender grafis lebih baik dan berikan efek visual yang lebih mulus. Namun sayangnya, prosesor Snapdragon mengonsumsi lebih banyak RAM

Variasi Produk

Dari segi variasi produk, Snapdragon punya lebih banyak variasi dibanding Mediatek. Mediatek mengurangi produksi prosesor kelas atas, dan lebih fokus membuat prosesor kelas menengah. Terbukti bahwa di tahun 2018, Mediatek hanya fokus pada satu seri prosesor yaitu seri Helio P saja.

Snapdragon banyak mengeluarkan variasi produk baru, mulai dari seri 400 untuk pemula, seri 600 untuk menengah, seri 700 yang merupakan versi terbaru untuk menengah ke atas, dan seri 800 untuk kelas menengah atas atau premium.Salah satu produk yang paling menarik perhatian adalah Snapdragon 855 sebagai versi terbaru dari Snapdragon 845. Prosesor terbaru yang super kencang ini diklaim bisa menandingi prosesor A12 Bionic milik Apple iPhone Xs.


Jadi, Mending Mana?

Jadi mana yang lebih baik ? Mediatek vs Snapdragon ? Dilihat dari kesimpulan di atas, Snapdragon memang lebih baik dibanding Mediatek. Banyak varian produk dan performa lebih kencang di Snapdragon. Apalagi jika kamu ingin beli hp kelas flagship tentu saja pilihan prosesor paling ideal adalah Snapdragon. Namun ketika berbicara hp kelas menengah, Mediatek dan Snapdragon masih sama baiknya. Karena Mediatek lebih fokus ke segmen ini, tentu saja membuat performanya tidak berbeda jauh dari Snapdragon.



Hai buat kamu yang ingin membuat website tapi bingung cara buatnya? saya ada solusinya nih, kunjungi merlinbox.com untuk informasi lebih lanjut atau klik disini

Leave a Reply

Your email address will not be published.