Perbedaan Domain, Hosting, dan Server Lengkap!


Saat kamu ingin membuat website, Kamu tentunya perlu mengetahui istilah terkait website agar tidak salah paham. Beberapa nama seperti hosting, server dan domain juga akan sering Kamu dengar saat hendak membuat hingga mengelola suatu website. Apa perbedaan dari ketiga hal itu? Mari kita simak!


Domain

Domain merupakan nama yang sudah ditentukan dan diatur oleh sebuah badan pengelola nama domain yang di Indonesia diatur oleh Pengelola Nama Domain Internet Indonesia (PANDI). Ketika Anda mengeluarkan biaya untuk sebuah nama domain, Anda hanya dapat menyewanya sehingga setiap tahun Anda harus memperbarui izin menggunakan nama domain yang Anda gunakan.

Baca Juga : Sistem Operasi (OS) Open Source Terbaik 2020

Hosting

Hosting merupakan tempat atau wadah untuk menyimpan data yang ada pada website dan ditempatkan di sebuah server. Meski sama berguna untuk menampung data, namun bedanya hosting dengan server, yaitu server mempunyai hard disk, RAM hingga prosesor yang bentuk dan ukurannya disesuaikan untuk disimpan di rack server.

Terdapat bebepara jenis hosting , dua di antaranya yaitu shared hosting dan cloud hosting. Jenis hosting yang pertama memiliki harga yang terjangkau yang digunakan beberapa website sekaligus. Artinya, hosting yang Anda gunakan berada pada server yang digunakan orang lain sehingga kecepatan website pun terbagi-bagi oleh para pengguna lain.

Baca Juga : 7 Kelebihan Linux Dibanding Windows

Cloud hosting yang disimpan pada server dan terhubung melalui cloud berbasis internet. Maka dari itu, jumlah server yang digunakan bisa lebih dari satu server sehingga saat terjadi masalah, server lain yang terhubung dengan internet dapat menjadi cadangan sementara hingga masalah terselesaikan.

Server

Server merupakan sebuah sistem komputer yang menyediakan layanan tertentu dalam satu jaringan komputer. Server berfungsi untuk menjalankan fungsi perangkat lunak yang mengontrol akses untuk masuk ke dalam jaringan dan sumber daya yang terdapat di dalamnya.

Server harus disimpan pada suatu data center dengan fasilitas lengkap agar mesin server dapat bekerja optimal saat diakses dari seluruh dunia dan tidak mudah rusak sehingga dapat bertahan lama.

Server akan bekerja ketika ada permintaan dari klien. Klien yang dimaksud yaitu disaat Anda mengakses internet melalui browser. Ketika Anda menggunakan internet, mau tidak mau Anda juga mengakses website, entah google.com dan sebagainnya. Server akan mengirimkan informasi ke perangkat Anda sesuai apa yang dicari.

Hai buat kamu yang ingin membuat website tapi bingung cara buatnya? saya ada solusinya nih, kunjungi merlinbox.com untuk informasi lebih lanjut atau klik disini

Leave a Reply

Your email address will not be published.