Cara Meningkatkan Kepercayaan Diri

Kepercayaan diri adalah sesuatu yang hinggap pada jati diri setiap manusia, tapi tidak semua orang bisa menampilkannya dengan baik. Sebagai contoh, ada seseorang dengan kepercayaan diri yang sangat rendah sehingga membuat dirinya dikucilkan dan tidak bisa mencapai target besar dalam hidupnya.

Sebaliknya, ada seseorang yang memiliki kepercayaan diri tinggi sehingga dapat menyebabkannya kehilangan orang-orang terdekat dan jati diri yang sesungguhnya.

Sebenarnya, apa kepercayaan diri itu? Lalu, bagaimana cara meningkatkannya?

Definisi Umum Kepercayaan Diri

Kepercayaan diri adalah keyakinan pada diri sendiri, keyakinan bahwa seseorang memiliki kemampuan untuk menghadapi tantangan hidup dan untuk berhasil—dan kemauan untuk bertindak sesuai dengan itu. Menjadi percaya diri membutuhkan perasaan realistis tentang kemampuan seseorang dan merasa aman dalam pengetahuan itu.

Memproyeksikan kepercayaan diri membantu orang mendapatkan kredibilitas, membuat kesan pertama yang kuat, menghadapi tekanan, dan mengatasi tantangan pribadi dan profesional. Ini juga merupakan sifat yang menarik, karena kepercayaan diri membantu membuat orang lain merasa nyaman.

Seseorang dengan tingkat kepercayaan diri yang tinggi cenderung jauh lebih semangat dan terarah dalam menjalani target demi target dalam kehidupannya jika dibandingkan dengan seseorang dengan tingkat kepercayaan diri yang rendah. 

Apa itu Orang yang Percaya Diri?

Tidak semua orang dilahirkan dengan rasa percaya diri bawaan. Terkadang sulit untuk mengembangkan kepercayaan diri, baik karena pengalaman pribadi telah menyebabkan Anda kehilangan kepercayaan diri atau karena Anda menderita harga diri yang rendah.

Orang yang percaya diri:

  • melakukan apa yang mereka yakini benar, meskipun itu tidak populer
  • bersedia mengambil risiko
  • mengakui kesalahan mereka dan belajar dari mereka
  • mampu menerima pujian
  • optimis.

Cara Meningkatkan Kepercayaan Diri

Ada berbagai cara untuk meningkatkan kepercayaan diri. Namun, berikut ini adalah beberapa cara umum yang bisa dilakukan oleh semua orang.

Membentuk Pola Pikir Positif

Banyak orang beranggapan bahwasanya membentuk pola pikir positif itu hanya dapat dilakukan oleh orang-orang tertentu, terutama orang yang mempunyai sejarah baik dengan masa lalu. Sebenarnya, membentuk pola pikir positif dapat dilakukan oleh siapapun itu.

Pola pikir positif adalah tentang bagaimana caranya untuk tidak panik ketika dalam situasi yang mencekam ataupun meningkatkan emosi negatif seperti amarah, sedih, kecewa, dan dendam. 

Pola pikir ini dapat dikelola atau dibentuk dengan cara mengelompokkan setiap pikiran yang muncul. Seperti contohnya, ketika sedang marah atau kecewa dengan sesuatu, cobalah kelompokkan rasa tersebut ke dalam beberapa bagian.

Apa sebabnya, mengapa emosi tersebut bisa muncul, siapa yang termasuk dalam emosi tersebut, dan kapan emosi tersebut muncul. Dengan mengelompokkan emosi tersebut ke dalam beberapa bagian, secara tidak langsung otak dipaksa untuk berpikir jernih.

Misalnya, Anda sedang kecewa karena nilai ujian Anda rendah. Tetapi bukan berarti Anda dapat menyalahkan guru yang memberi nilai, atau teman Anda yang mengganggu ketika Anda sedang belajar.

Selain untuk meningkatkan kepercayaan diri, memiliki pola pikir positif dapat bermanfaat baik untuk kesehatan mental Anda dan dapat meningkatkan kebahagiaan Anda.

Keinginan Untuk Membantu Orang Lain

Dalam meningkatkan kepercayaan diri, sifat alami sebagai manusia biasanya akan muncul. Sebagai makhluk sosial, selalu ada rasa atau keinginan untuk membantu orang lain. Meskipun hal-hal sesederhana membukakan pintu bagi seseorang, namun hal ini dapat membantu Anda dalam meningkatkan kepercayaan diri.

Untuk permulaan, manusia adalah makhluk sosial dengan rasa tidak pernah puas. Tidak terkecuali juga jika manusia sangat menghargai apresiasi dalam berbagai macam bentuk. 

Ketika tiba saatnya untuk membantu orang lain, meskipun hanya terbersit sepersekian detik sebelum melakukannya, manusia cenderung untuk “berharap”

Meski tidak seluruhnya, namun ada sedikit rasa untuk mendapatkan sebuah apresiasi. Ketika apresiasi tersebut hadir, maka seseorang akan sangat menghargai itu dan bahkan beberapa di antaranya tidak akan melupakan kejadian tersebut.

Dengan memiliki keinginan untuk membantu orang lain, dapat meningkatkan kepercayaan diri seseorang karena terdapat rasa bangga dan apresiasi diri di situ.

Lihatlah apa yang telah Anda capai

Sangat mudah untuk kehilangan kepercayaan diri jika Anda yakin Anda belum mencapai apa pun. Buat daftar semua hal yang Anda banggakan dalam hidup Anda, apakah itu mendapat nilai bagus dalam ujian atau belajar berselancar. Simpan daftar di dekat Anda dan tambahkan setiap kali Anda melakukan sesuatu yang Anda banggakan. Saat Anda kurang percaya diri, keluarkan daftar itu dan gunakan untuk mengingatkan diri Anda tentang semua hal luar biasa yang telah Anda lakukan.

Tetapkan Beberapa Tujuan/Target

Tetapkan beberapa tujuan dan tentukan langkah-langkah yang perlu Anda ambil untuk mencapainya. Mereka tidak harus menjadi tujuan besar; mereka bahkan bisa melakukan hal-hal seperti memanggang kue atau merencanakan keluar malam bersama teman-teman. 

Hanya bertujuan untuk beberapa pencapaian kecil yang dapat Anda tandai dari daftar untuk membantu Anda mendapatkan kepercayaan diri pada kemampuan Anda untuk menyelesaikan sesuatu.

Cari Hobi Baru

Cobalah untuk menemukan sesuatu yang benar-benar Anda sukai. Itu bisa berupa fotografi, olahraga, merajut, atau apa pun! Ketika Anda telah menyelesaikan hasrat Anda, komit diri Anda untuk mencobanya. 

Kemungkinannya adalah, jika Anda tertarik atau bersemangat tentang aktivitas tertentu, Anda akan lebih termotivasi dan Anda akan membangun keterampilan lebih cepat.

Leave a Reply

Your email address will not be published.