Cara Menghilangkan Mata Panda

Cara menghilangkan mata panda harus menjadi yang utama, karena terlalu banyak bekerja hingga larut malam, alergi, dan kurang tidur dapat menyebabkan kantung mata bengkak. Bengkak di sekitar mata ini dapat menghasilkan lingkaran hitam, memberikan tampilan beruang panda yang tidak begitu menarik.

Seiring bertambahnya usia, otot dan struktur jaringan yang menopang kelopak mata secara bertahap melemah. Kulit kendor, dikombinasikan dengan akumulasi cairan di area tersebut, dapat membuat area di bawah mata tampak bengkak. Kembalikan keremajaan Anda dengan menghilangkan mata bengkak dan lingkaran hitam.

Cara Menghilangkan Mata Panda

Cara Menghilangkan Mata Panda
Cara Menghilangkan Mata Panda – unsplash.com

Evaluasi Kembali Posisi Tidur Anda

Posisi tidur Anda dapat menyebabkan cairan menumpuk di sekitar mata Anda. Pertimbangkan untuk tidur telentang untuk mencegah gravitasi menyebabkan pembengkakan. Anda juga dapat meletakkan bantal tambahan di bawah kepala untuk mencegah cairan menggenang di bawah kulit.

Potong Asupan Garam Anda

Sementara beberapa garam dalam makanan Anda sangat penting untuk sistem organ yang berfungsi dengan baik, terlalu banyak garam dapat memiliki efek negatif. Bagian tubuh tertentu, seperti area di bawah mata Anda, dapat menahan air karena terlalu banyak natrium dalam makanan Anda. Kurangi garam untuk menghindari kantung di bawah mata keesokan harinya.

Kelola Alergi Anda

Jika Anda memiliki alergi, Anda tahu betapa sulitnya mengelola gejala Anda saat musim alergi tiba. Bagi banyak penderita alergi, mata bengkak dan berair sering menjadi masalah. Bicaralah dengan dokter Anda tentang apa yang dapat Anda lakukan untuk lebih mengontrol gejala Anda. Ada juga banyak solusi alami yang dapat Anda coba untuk mengurangi gejala Anda, seperti penggunaan minyak esensial.

Hapus Riasan Anda Sebelum Tidur

Cara menghilangkan mata panda bisa dengan meluangkan waktu untuk menghapus semua riasan Anda. Membiarkan riasan mata Anda semalaman dapat menyebabkan mata Anda berair, yang mengakibatkan bengkak keesokan paginya. Gunakan pembersih ringan atau tisu rias untuk menghilangkan semua bekas eyeshadow, eyeliner, dan maskara secara menyeluruh.

Gunakan Produk Perawatan Mata yang Lembut

Karena kulit di sekitar mata sangat halus, penting untuk menggunakan produk yang lembut dan menenangkan untuk mengurangi segala bentuk peradangan di sekitar area mata Anda. 

Hilangkan Kebiasaan Buruk

Kebiasaan gaya hidup yang buruk seperti merokok dan minum alkohol dapat berdampak buruk pada kulit Anda. Merokok melemahkan kulit yang menyebabkan penuaan dini. Bahan kimia dalam rokok juga dapat mengiritasi area mata yang sensitif. 

Alkohol dapat membuat kulit dehidrasi, membuat mata Anda tampak gelap dan cekung. Batasi rokok dan alkohol, atau lebih baik lagi, berhenti untuk kesehatan yang lebih baik secara keseluruhan.

Pigmen di Area Kulit

Pigmen ekstra di area bawah mata dan sekitar mata adalah penyebab umum lingkaran hitam. Ini cukup alami dan tidak menimbulkan masalah dari sudut pandang medis. Namun, banyak orang memilih untuk tidak memilikinya.

Meskipun tidak ada yang dapat Anda lakukan untuk menghindari kulit berpigmen alami, Anda dapat melakukan sesuatu untuk mengurangi efeknya. Krim retinol dan krim pencerah kulit adalah bentuk perawatan yang paling umum untuk ini. Penting juga untuk menggunakan tabir surya atau pelembab dengan perlindungan SPF di area tersebut, untuk mencegahnya bertambah parah.

Paparan Sinar Matahari

Paparan sinar matahari juga dapat menyebabkan lingkaran hitam, paling sering karena kerutan halus yang dapat memberikan kesan efek penggelapan kulit.

Dalam kasus tersebut, perawatan yang disarankan adalah serum mata dan krim pelembab mata. Penting untuk menghindari krim ini pada mata itu sendiri karena iritasi atau risiko kerusakan pada kornea. 

Pastikan krim mata dioleskan tidak lebih dekat ke mata daripada tepat di bawah bulu mata bagian bawah. Juga, pastikan krim ini dioleskan dengan lembut dengan jari manis atau jari kelingking karena jari-jari ini mengerahkan kekuatan paling sedikit. 

Untuk membantu menghindari kerusakan akibat sinar matahari lebih lanjut, pastikan untuk menggunakan tabir surya di sekitar area itu.

Penuaan

Bagi mereka yang berusia di atas 20-an, proses penuaan alami adalah penyebab lain dari lingkaran hitam di bawah mata. Hal ini dapat terjadi dalam satu atau kedua dari dua cara yang umum. 

Yang pertama adalah lekukan orbit secara bertahap, yang memberi kesan gelap pada kulit di bawah mata. Cara lainnya adalah penipisan kulit di bawah mata, yang memungkinkan pembuluh darah di bawahnya menjadi lebih jelas dan tampak lebih gelap.

Perawatan terbatas dalam kasus lekukan orbit. Concealer dapat membantu mencerahkan area tersebut dan membuatnya tampak memiliki warna yang sama dengan bagian wajah lainnya.

Jika di sisi lain pembuluh darah yang mendasari adalah penyebab kegelapan, krim yang mengandung kafein atau niacinamide dapat membantu menyempitkan pembuluh darah.

Bengkak di Bawah Mata

Bengkak di bawah mata dapat menyebabkan area tersebut terlihat lebih gelap karena cahaya dan bayangan jatuh pada wajah. Oleh karena itu, bengkak di bawah mata dapat menyebabkan ‘mata panda’ meskipun kulitnya sendiri tidak lebih gelap.

Cara untuk menghilangkan mata panda yang bengkak bervariasi. Seperti disebutkan sebelumnya, masuk akal untuk mengesampingkan kondisi medis yang mendasarinya terlebih dahulu. Dengan asumsi jika masalah kesehatan tidak masalah, ada beberapa pilihan untuk pengobatan. 

Perbaikan cepat yang umum adalah gel dengan ekstrak yang menenangkan untuk memberikan efek pendinginan pada area tersebut, mengurangi bengkak. Pilihan lainnya adalah irisan mentimun dingin pada kelopak mata yang tertutup selama 15 menit. 

Kantong teh dingin juga dapat bekerja dengan cara yang sama bila diletakkan di atas tutup tertutup selama 10 menit. Beberapa orang menemukan bahwa penutup mata atau lembaran mata yang dioleskan ke area tersebut juga efektif untuk mengurangi bengkak.

Leave a Reply

Your email address will not be published.