Tips Menambah Berat Badan

Tips menambah berat badan masih banyak dicari sementara budaya kita sangat menghargai ketipisan, prevalensi mereka yang kekurangan berat badan merupakan masalah kesehatan masyarakat yang signifikan. 

Ada sejumlah alasan mengapa orang bisa kekurangan berat badan, termasuk genetika dan metabolisme yang cepat, dan kondisi medis yang mendasarinya seperti masalah tiroid atau kanker. Wanita berada pada peningkatan risiko kekurangan berat badan, seperti halnya orang dewasa di atas usia 60, tahun

Sejumlah risiko kesehatan terkait dengan kekurangan berat badan termasuk rambut rontok, kulit kering, masalah kesuburan, dan kesehatan gigi yang buruk. Dalam kasus yang parah, orang yang kekurangan berat badan mungkin memiliki sistem kekebalan yang lemah atau mengembangkan osteoporosis. Ada peningkatan kematian risiko yang terkait dengan kekurangan berat badan

Kabar baiknya adalah ada cara untuk menambahkan makanan bergizi yang dapat membantu Anda menambah berat badan ke dalam diet harian Anda.

Menambahkan makanan dan camilan, dan meningkatkan ukuran porsi adalah cara untuk memasukkan lebih banyak kalori setiap hari. Mengkonsumsi lemak bermanfaat, biji-bijian, buah-buahan dan sayuran, dan banyak air adalah cara untuk membantu Anda mencapai berat badan yang tepat untuk Anda.

Tips Menambah Berat Badan

Tips Menambah Berat Badan
Tips Menambah Berat Badan – unsplash.com

Jauhi Junk Food

Terlalu banyak kalori “kosong” dengan tambahan garam, gula, dan lemak tidak sehat dapat berdampak buruk bagi Anda, berapa pun beratnya. Makanan bergizi seperti buah, susu, daging, kacang-kacangan, dan sayuran tertentu dapat membantu Anda menambah berat badan dengan cara yang lebih sehat.

Pilih Makanan Sehat yang Tepat

Tidak semua buah dan sayuran rendah kalori. Ambil buah-buahan padat seperti mangga atau alpukat, misalnya, atau sayuran bertepung seperti kentang dan jagung. Dan ikan berlemak, seperti salmon, adalah cara yang bagus untuk memasukkan protein sehat ke dalam makanan Anda

Dandani Salad Anda

Jangan membuang makanan kaya nutrisi seperti salad dari menu hanya karena menurut Anda makanan tersebut rendah kalori. Anda dapat memompanya dengan lemak sehat seperti minyak zaitun dan bahan tambahan seperti alpukat, keju, kacang-kacangan, dan biji-bijian. Atau cobalah buah-buahan seperti apel, pir, dan beri.

Perbanyak Keju

Tips menambah berat badan dengan memperbanyak keju tidak salah karena keju ini kaya kalori, memiliki vitamin dan nutrisi yang dibutuhkan tubuh Anda, dan baik untuk burger, sandwich, kentang, telur, casserole, dan banyak hal lainnya. Perhatikan saja lemak jenuhnya, yang bisa menumpuk dan menyebabkan masalah kesehatan jika Anda memiliki terlalu banyak.

Tambahkan Kacang Dalam Camilan

Kacang-kacangan, selai kacang, mentega almond, dan selai kacang lainnya adalah cara yang bagus untuk mengemas kalori yang bergizi. Jika Anda menyukai batang wortel dan batang seledri, celupkan ke dalam mentega kacang atau keju krim terlebih dahulu. Buah dan biji-bijian kering juga bisa menjadi camilan kaya kalori yang enak.

Pantau Berat Badan Anda

Kebiasaan lama sulit untuk dihilangkan, dan mungkin sulit untuk mengingat semua yang Anda makan dari hari ke hari. Jurnal makanan dapat menunjukkan area yang mungkin perlu Anda kerjakan dan membantu ahli gizi Anda memastikan Anda mendapatkan nutrisi yang tepat.

Minum di Waktu yang Tepat

Jika Anda memiliki sesuatu untuk diminum tepat sebelum makan, Anda mungkin tidak terlalu lapar. Mungkin lebih baik untuk menyesap sesuatu yang tinggi kalori saat Anda makan atau menunggu 30 menit sesudahnya untuk minum. Cobalah pendekatan yang berbeda, dan catat di jurnal makanan Anda.

Latihan untuk Membangun Otot

Ini termasuk yoga, push-up, pull-up, latihan beban, dan aktivitas lain yang dapat membantu Anda menambah berat badan. Mereka memang membakar kalori, tetapi itu bisa membuat Anda lebih lapar sehingga Anda makan lebih banyak. Bicaralah dengan dokter Anda tentang cara terbaik untuk berolahraga untuk menambah berat badan, terutama jika Anda memiliki kondisi kesehatan yang menyulitkan Anda.

Kenali Lemak Anda

Ini adalah sumber kalori yang bagus, tetapi tidak semua lemak diciptakan sama. Carilah lemak tak jenuh ganda dan tak jenuh tunggal yang “baik”, seperti yang ada dalam ikan trout, salmon, alpukat, kenari, dan minyak zaitun, safflower, dan canola. Jauhi lemak trans. Ini buruk untuk jantungmu.

Minum Susu Utuh, Jus Buah 100%, atau Jus Sayuran

Pasangkan roti panggang mentega kacang Anda dengan segelas susu murni untuk tambahan protein, kalsium, dan vitamin D. Jika Anda tidak menyukai susu sapi atau memilih untuk tidak meminumnya, pilihlah alternatif susu berbahan dasar kacang. Ini akan mengandung lebih sedikit kalori, tetapi tetap harus diperkaya dengan kalsium dan vitamin D, yang merupakan nutrisi penting saat Anda menambah berat badan.

Sepanjang hari, pilihlah jus buah dan sayuran 100% yang tidak mengandung aditif seperti gula. Bacalah label Fakta Nutrisi dengan cermat untuk memastikan Anda mengonsumsi bahan-bahan asli yang dapat Anda ucapkan dengan mudah—semakin sedikit bahan yang dicantumkan, semakin baik.

Soda manis mungkin menggoda — dan meskipun tinggi kalori, mereka tidak menambahkan apa pun untuk nutrisi. Mereka sarat dengan tambahan gula, yang terkait dengan peningkatan risiko penyakit kronis

Makan Porsi Besar Sayuran Berpati Seperti Kentang

Kentang sering mendapat reputasi buruk karena mengandung karbohidrat tinggi—tetapi tubuh Anda menggunakan karbohidrat untuk energi dan kentang kaya akan vitamin, mineral, dan serat. Tingkatkan kalori dengan menambahkan krim asam atau yogurt—dan poin bonus untuk memasak dengan lemak sehat seperti minyak zaitun, sebagai tips menambah berat badan yang melezatkan.

Kentang berada di sisi bertepung, jadi mereka juga lebih tinggi kalori daripada sayuran hijau. Meskipun Anda tidak ingin menyerah pada kubis Brussel, brokoli, dan kangkung, Anda harus merasa bebas untuk mengonsumsi kentang, ubi jalar, labu butternut, labu musim dingin, dan bahkan jagung manis.

Leave a Reply

Your email address will not be published.