Kesalahan yang Paling Sering Dilakukan Blogger Pemula

Kesalahan yang paling sering dilakukan blogger pemula.
Blogger pemula (termasuk saya), pernah melakukan kesalahan-kesalahan di bawah ini:

1. Terlalu banyak mengumpulkan informasi.

Pokoknya segala informasi yang berkaitan dengan blogging (terutama untuk program monetisasi blog) dikumpulkan terus sebanyak-banyaknya apakah artikel, ebook, audio maupun berupa video.  Kemudian permasalahan muncul ketika tiap-tiap tutorial ditulis oleh orang yang berbeda  dengan pengalaman yang berbeda pula,  jadinya satu sama lain seperti  terputus.  Bener-bener dibuat bingung, kita harus memulai dari mana terus ke mana? akhirnya tidak sempat dipraktekan, waktupun tak mencukupi.

Solusinya : Cari blog-blog para mastah saja 2, 3 atau kalau sanggup 4 blog saya pikir itu cukup.  Coba baca semua artikelnya dengan cermat (buka semua di arsipnya) lalu praktekkan.  Blog yang ditulis para master ini banyak jumlahnya.   Saya biasa cari blog berbahasa Indonesia karena kurang faham (sebetulnya sih tidak mengerti…) bahasa asing.  Blognya Mas Medhy Aginta yaitu : Blogguebo, salah satu saja blog favorit saya dan Alhamdulillah sampai sekarang belum sanggup mempraktekan semua pemikirannya, he..he ..he.

2. Terlalu asyik gonti-ganti template blog.

Gonta-ganti template memang asyik bahkan nyandu juga, bahkan ada yang kecanduan cuma untuk ganti kursor mouse di blogger saja.  Saking asyiknya bisa satu bulan penuh Cuma itu saja kerjanya (surfing template gratis) sampai lupa mengisi konten blog.

Solusinya : Cepat hentikan kebiasaan tersebut, karena selain menghabiskan waktu juga gonta ganti template itu bisa merusak strategi  SEO blog kita. Langkah cepatnya tiru saja blognya para master, pakai theme apa agan-agan itu?.  Kalau saya sarankan pakai yang berbayar  tapi cari yang harganya terjangkaulah.  Para master itu themenya bagus-bagus dan kalau kita cari di  free template biasanya tidak akan kita temukan.  Memang yang gratis belum tentu jelek akan tetapi biasanya harus ada penyettingan dulu misal harus disetting navigasinya,  supaya Seo-Friendly dll.  Kalau kita Newbie tentu belum faham soal setting template.

3. Terlalu Money oriented.

Memang kita sangat sangat sangat perlu uang dan kebetulan sekali ngeblog bisa menghasilkan yang satu itu, tetapi kalau itu saja dipikiran kita maka cepat atau lambat akan jenuh dan putus asa ngeblog, manakala uang tidak kunjung datang.

Solusinya : yakinlah kalau kita tekun belajar-belajar  dan terus belajar  kepada yang ahlinya bagaimana cara blogging for money yang benar lalu senantiasa berbagi,  Insya Allah bisa sukses dimana kesuksesan itu tidak melulu harus berupa uang.  Sekarang  jadikanlah ngeblog itu hoby yang menyenangkan tempat kita berekspresi dan menjalin persahabatan..soal nanti dimonetisasi itu lain cerita.  Kata orang bijak hadiah itu adalah efek samping dari perbuatan baik.

Demikian Kesalahan yang paling sering dilakukan blogger pemula.  Bagaimana pengalaman anda apakah pernah melakukan kesalahan pada awal-awal ngeblog seperti saya?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *