Admin Ganteng Hanya seorang newbie yang lagi proses menjadi seorang expert.

5+ Tips Memulai Usaha Bagi Pemula Dimasa Pandemi

2 min read

Sekecil apapun bisnis yang kamu miliki bosnya adalah kamu sendiri. Memiliki usaha kecil lebih baik daripada harus bekerja menjadi bawahan orang lain. Sebagai pemula pasti muncul banyak keraguan dalam hati untuk memulai bisnis takut gagal merupakan alasan paling umum. Supaya tekad jadi lebih bulat berani pantang menyerah ada nih tips memulai usaha bagi pemula yang wajib kamu coba.

Tips Memulai Usaha Bagi pemula

Tips Memulai Usaha
Tips Memulai Usaha

Tidak ada pebisnis yang langsung sukses dalam sekali percobaan. Pasti ada rintangan yang perlu mereka lewati, berbagai macam problematika hadir mewarnai perjalanan bisnis jika berhasil melewati maka kesuksesan menjadi sebuah bonus luar biasa. Berikut kunci sukses menjadi seorang pebisnis pemula :

1. Menentukan usaha yang ingin dijalankan dan target pasar

Carilah jenis usaha yang sesuai dengan kamu baik bidang keahlian khusus maupun yang berhubungan dengan hobi kami. Menjalankan suatu usaha yang cocok dengan passion kami selain lebih enjoy kamu juga bisa menjadi lebih percaya diri, bahagia, dan juga bisa memberikan dedikasi terbaik.

Setelah tau jenis usaha apa yang mau dijalankan selanjutnya adalah menentukan siapa target bisnis kamu, mulai dari daerah, usia, jenis kelamin, sampai lapisan sosial semua harus kamu tentukan diawal.

Baca juga manfaat menanam sawi hidroponik

2. Menyiapkan modal

Jika sudah menentukan jenis usaha maka langkah selanjutnya adalah menyiapkan modal. Buatlah rincian modal awal yang diperlukan misal untuk menyewa ruko, membeli peralatan dan perlengkapan produksi, instalasi air dan listrik, biaya karyawan, dan lain sebagainya.

Rencana modal ini harus dipikirkan dengan matang jangan sampai modal yang sudah dikumpulkan dengan susah payah malah terpakai untuk hal yang tidak penting.

Sumber modal bisa kamu dapatkan dari tabungan sendiri, pinjaman bank, dan investor. Tips memulai usaha bagi pemula sebaiknya jangan mencari modal dari pinjaman bank tunggu sampai usaha kamu berkembang dan memiliki prospek bagus.

3. Mencari distributor bahan baku

Mencari distributor bahan baku tidak boleh asal pilih perlu diperhatikan jarak, kota, integritas pemasok, kualitas barang, dan juga harga. Carilah pemasok yang mau memberikan harga paling murah namun berkualitas baik. Perhatikan pula jarak antara pemasok dengan lokasi bisnis kamu sebab biaya ongkos kirim akan sangat berpengaruh terhadap harga jual produk kamu.

4. Tentukan harga jual

Tips memulai usaha bagi pemula selanjutnya adalah menentukan harga jual produk kamu. Untuk menentukannya kamu bisa menggali informasi harga para kompetitor. Hitung biaya produksi kamu kemudian bagi dengan jumlah barang yang dihasilkan.

Misalnya biaya produksi Rp 1.000.000 jadi 250 barang maka Rp 1.000.000 : 250 = Rp 4.000. Dengan jenis barang yang sama kompetitor kamu menjual dengan harga Rp 7.000, kamu bisa jual dengan harga yang sama atau dengan harga yang lebih murah seperti Rp 6.500.

5. Menentukan strategi pemasaran

Pemasaran merupakan jantung dari usaha sebaik apapun produk yang kamu miliki tidak akan berguna jika manajemen pemasarannya buruk. Salah satu trik untuk menarik minat konsumen adalah:

  • Memberikan diskon dan tawaran menarik seperti beli 2 gratis 1.
  • Memberikan harga khusus yang ulang tahun bulan ini gratis.
  • Dengan trik mengumpulkan 10 kupon gratis 3 menu.
  • Manfaatkan media sosial sebagai sarana iklan.
  • Bentuk tim marketing yang solid dan berkualitas.

6. Pelajari ilmu seputar bisnis dan terima semua kritik dan saran

Mempelajari lebih jauh tentang bisnis yang sedang kamu jalankan bisa dilakukan dengan mencari informasi secara otodidak lewat internet, belajar lewat orang yang berpengalaman atau menempuh pendidikan bisnis di bangku universitas. Kamu juga bisa mempelajari bisnis di website Wong Cerdas.

Selain itu menerima semua kritik dan saran dari orang lain dengan lapang dada dan mau melakukan evaluasi secara berkala untuk lebih meningkatkan kualitas serta pelayanan kepada customer. Dari kritikan orang lain lah kamu bisa melihat kekurangan dan memperbaikinya.

7. Konsisten dalam menjaga kualitas

Salah satu kunci dari bisnis yang sukses adalah selalu menjaga kualitas dari produk yang dijual. Banyak usahawan yang gulung tikar dikarenakan menurunkan kualitas dagangan karena sudah ramai.

Itulah tadi beberapa tips memulai usaha bagi pemula jangan takut akan kegagalan, memulai langkah baru tak selamanya mulus pasti akan banyak rintangan yang menunggu, konsisten, jujur, dan tetap semangat merupakan kunci utama menuju kesuksesan.

Admin Ganteng Hanya seorang newbie yang lagi proses menjadi seorang expert.

Aplikasi Tshop Penghasil Uang Apakah Aman atau Penipuan?

Nаmа арlіkаѕі іаlаh Tѕhор, ѕеkіlаѕ mеmbасаnуа kіtа аkаn tаhu bаhwа арlіkаѕі mеmіlіkі kеtеrkаіtаn dеngаn аktіvіtаѕ bеlаnjа. Dаn ѕааt mаѕuk kе dаlаm арlіkаѕі рun tаmріlаnnуа...
Admin Ganteng
4 min read

Eehhaaa Penghasil Uang Apakah Benar Membayar Dollar?

Bеlаkаngаn іnі, bаnуаk оrаng уаng kеріnсut untuk mеnjаjаl mеmаkаі арlіkаѕі Eеhhааа реnghаѕіl duіt. Hаl іnі dіkаrеnаkаn bаnуаk арlіkаѕі реnghаѕіl uаng уаng mеngklаіm bаhwа mеrеkа...
Admin Ganteng
4 min read

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *