Admin Ganteng Hanya seorang newbie yang lagi proses menjadi seorang expert.

Cara Belajar Online Yang Menarik

4 min read

Cara belajar online yang menarik – Tiap hari Jum’at, saya sendiri ketika ada kelas online sudah tidak semangat ikuti pembelajaran online-nya. Permasalahannya simpel, kelasnya bisa dikatakan membosankan, dan membuat ngantuk.

Cara Belajar Online Yang Menarik
Cara Belajar Online Yang Menarik

Durasi waktu video pembelajaran yang memiliki jangka waktu yang panjang, nyaris 30 menit lebih. Dan memerhatikan pelajaran yang cuman satu arah, sepanjang itu, menurut opini saya,- akan benar-benar menjemukan / membosankan.

Membuat pembelajaran online berbentuk video yang memikat memanglah tidak gampang. Karakternya yang satu arah, kerap membuat peserta pembelajaran seolah-olah cuman dengarkan narasi dongeng saja.

Karenanya, salah satu langkah supaya pembelajaran online menarik, kita perlu mengganti langkah kita memberinya materi. Berikut ini, tiga trick yang yang bisa rekan-rekan coba. Mari kita simak mengenai cara belajar online yang menarik.

Apa itu Belajar Online

Apa sih belajar online itu ? Belajar online adalah salah satu metode yang saat ini wajib digunakan bagi instansi sekolah maupun kuliah. Karena faktor wabag COVID-19 yang hingga saat ini belum hilang juga.

Oleh karenanya, untuk tetap melakukan kegiatan belajar mengajar, diberlakukanlah belajar online atau pembelajaran online. Walaupun pembelajaran online memiliki sisi baik dan buruknya. Berikut keuntungan dan kekurangan belajar online.

Keuntungan Belajar Online

1. Bisa dijangkau secara mudah

Hanya memakai handphone atau piranti tehnologi lain seperti netbook yang tersambung dengan internet Anda bisa terhubung materi yang ingin didalami. Dengan mengaplikasikan e-learning Anda bisa lakukan aktivitas pembelajaran dimanapun, kapan pun.

2. Ongkos lebih dapat dijangkau

Tentu saja, kita ingin menambahkan ilmu dan pengetahuan tanpa masalah keuangan. Dengan modal paket data internet, Anda bisa terhubung beragam materi pembelajaran tanpa cemas ketinggal pelajaran jika tidak datang. Dianjurkan Anda mendaftarkan anggota dalam e-learning karena ongkos anggota tambah murah dibanding ikuti les atau pelatihan di instansi pembelajaran.

3. Waktu belajar fleksibel

Umumnya banyak orang yang ingin belajar kembali tidak mempunyai saat yang cukup. Salah satunya argumennya karena mungkin waktu Anda telah di pakai untuk bekerja. Pembelajaran berbasiskan digital atau e-learning ini ialah jalan keluarnya. Waktu untuk belajar dapat di laksanakan kapan pun tanpa terlilit dengan jam belajar.

4. Wacana yang luas

Dengan mengaplikasikan e-learning, tentu saja Anda akan mendapati beberapa hal yang sebelumnya belum Anda kenali. Ini karena beberapa materi pelajaran yang ada pada e-learning belum ada dalam media bikin seperti buku yang kerap di pakai dalam sistem mengajar-belajar konservatif. Berlainan dengan pembelajaran lewat bertemu muka yang sudah di lakukan dengan membaca buku.

Kekurangan Belajar Online

1. Kebatasan koneksi internet

Salah satunya kekurangan sistem pembelajaran e-learning ialah terbatasinya koneksi internet. Bila Anda ada di wilayah yang tidak memperoleh capaian internet konstan, maka susah untuk Anda untuk terhubung service e-learning. Ini tentu saja ada banyak terjadi di Indonesia ingat banyak daerah 3T (ketinggalan, paling depan, dan paling luar) belum juga dapat di jangkau koneksi internet. Di samping itu, harga penggunaan data internet masih tetap di rasakan lumayan mahal untuk beberapa kelompok masyarakat Indonesia. Ini mengakibatkan kekuatan untuk manfaatkan e-learning masih dipandang seperti satu kelebihan.

2. Menyusutnya hubungan dengan pendidik

Beberapa sistem pembelajaran e-learning memiliki sifat satu arah. Hal itu mengakibatkan hubungan pendidik dan pelajar jadi menyusut hingga bisa susah untuk Anda untuk memperoleh keterangan selanjutnya tentang materi yang sulit di mengerti.

3. Pengetahuan pada materi

Materi yang di berikan dalam e-learning di tanggapi berdasar tingkat pengetahuan yang berbeda, bergantung ke kekuatan sang pemakai. Sebagian orang kemungkinan bisa tangkap materi lebih cepat cukup dengan membaca, tetapi ada pula yang memerlukan waktu semakin lama sampai betul-betul memahami. Bahkan juga ada pula yang memerlukan keterangan dari pihak lain agar pahami materi yang di dalami.

4. Kurangnya Pemantauan dalam Belajar

Minimnya pemantauan saat lakukan pembelajaran secara online membuat pemakai e-learning terkadang hilang konsentrasi. Karena ada keringanan akses, beberapa pemakai condong menahan-nahan waktu belajar. Perlu kesadaran diri kita supaya proses belajar dengan sistem online jadi terukur dan capai arah. Stay healthy and always keep our spirit up!

Mengapa Belajar Online

Mengapa sih harus belajar online ? Alasannya hanya satu, yaitu karena adanya wabah COVID-19. Di Indonesia sendiri, belajar online mulai di terapkan sejak adanya wabah ini. Sehingga pelajar maupun mahasiswa mau tidak mau di haruskan untuk melakukan belajar online ini.

Ya walaupun ada kelebihan dan kekurangannya, tapi cara ini merupakan satu-satunya yang efekti dalam melakukan kegiatan belajar mengajar di kondisi wabah ini.

Jadi untuk temen-temen pelajar dan mahasiswa, tetap semangat walaupun belajar dari jarak jauh.

Siapa Yang terkena Dampak Belajar Online

Siapa aja yang terkena dampak belajar online ? atau Siapa aja yang di wajibkan untuk belajar online ? Jawabannya adalah semua pelajar dan semua mahasiswa. Selain di bidang pendidikan, bahkan untuk para pekerja pun terkena dampaknya. Akan tetapi, untuk para pekerja di sebut Work From Home (WFH).

Jadi yaa wabah COVID-19 ini benar-benar mengubah pola pendidikan yang awalnya tatap muka, sekarang Belajar secara jarak jauh.

Kapan Belajar Online ini Berakhir

Saya pribadi belum mengetahui kapan belajar online ini berakhir. Tapi jika menurut saya pribadi, belajar online akan di tiadakan setelah wabah COVID-19 ini telah hilang. Maka dari itu, yuk kita sama-sama menjaga protokol kesehatan agar wabah ini segera berakhir dan kita bisa kembali belajar secara tatap muka.

Bagaimana Cara Belajar Online Yang Menarik

Berikut langkah-langkah mengenai cara belajar online yang menarik :

1. Upayakan materi tidak begitu panjang

Kita memang kerap dengar teori bila konsentrasi belajar seorang, umumnya sekitar di antara 40-50 menit.

Tetapi ini cuman terjadi pada pembelajaran off-line atau bertemu muka. Di mana peserta tidak punyai tombol “off” untuk stop sesaat dari materi yang didalami.

Maka kemungkinan akan makin berkurang peserta yang memerhatikan materi dengan marathon sepanjang itu.

Dan walau materi yang ingin kita berikan lebih panjang dari kekuatan konsentrasi peserta, akan lebih bagus bila kita membuat materi sependek mungkin.

Anjuran durasi waktu 15 menit bisa saja pemikiran. Bila materi yang ingin dikatakan memang panjang, coba untuk membagikan di dalam 15 menit durasi waktu juga.

2. Buat materi sesimpel kemungkinan tetapi masih tetap menarik

Langkah paling mudah untuk mengganti materi jadi lebih menarik. ialah menggantinya berbentuk video.

Biasanya, kita akan menggantinya jadi wujud video presentasi.

Tetapi video presentasi, walau cuman 15 menit, bisa jadi membuat peserta kelas jemu sebab menganggap dengarkan perbincangan seseorang, tepat yang dirasakan oleh putri saya.

Jalan keluarnya bikinlah video dengan rekan-rekan sebagai penyampainya atau pembicara. Ini akan membuat peserta berasa sedang betul-betul bicara dengan rekan-rekan.

Tidak ada rekan untuk ambil gambar? Mengapa tidak pakai tripod saja?

Langkah yang lebih menarik yang lain, dengan manfaatkan software OBS atau Operating Broadcasting Sistem.

Software ini lebih banyak dipakai oleh beberapa trainer, coach, atau guru yang ingin share faedah ke warga.

3. Tambahakan komponen Interaktif

Untuk tingkatkan interaktif peserta, kita bisa menambah kuis simpel diakhir pelajaran. Langkah ini bisa dipakai untuk menghitung sejauh mana pengetahuan dan keterkaitan peserta pada materi yang dikatakan.

Menambah papan dialog dapat menolong. Pokoknya ialah memberinya suatu hal pada peserta suatu hal untuk dilaksanakan.

Langkah lain supaya pembelajaran online lebih interaktif, rekan-rekan dapat memasangkan autoresponder pada halaman atau situs pembelajaran online yang rekan-rekan punyai.

Tambah feature supaya bila peserta tidak aktif sepanjang beberapa saat, karena itu mereka akan terima pernyataan yang dipersonalisasi lewat surat electronic.

Memakai surat electronic sebagai reminder, akan membuat kesan-kesan responsibilitas pada pelatihan yang rekan-rekan beri.

Mudah-mudahan panduan di atas bisa menolong rekan-rekan agar bisa membuat pembelajaran online yang lebih menarik, hingga peserta bisa rasakan faedah pengetahuan yang rekan-rekan bagi dengan lebih bagus.

Akhir Kata

Sekian artikel mengenai Cara belajar online yang menarik. Jika kamu ingin membaca artikel mengenai cara belajar online yang efektif di rumah.

Admin Ganteng Hanya seorang newbie yang lagi proses menjadi seorang expert.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *